::: MARI MEWUJUDKAN BOJONEGORO SEBAGAI LUMBUNG PANGAN DAN ENERGI NEGERI YANG PRODUKTIF, BERDAYA SAING, ADIL, SEJAHTERA, BAHAGIA, DAN BERKELANJUTAN :::

Industri

LEDRE

Ledre adalah makanan khas Bojonegoro yang terbuat dari pisang raja. Bentuknya gapit/gulungan dengan aroma pisang raja yang manis. Makanan ringan ini sangat cocok sebagai teman minum teh, sajian tamu maupunoleh-oleh. Kecamatan Padangan merupakan produsen ledre terbesar di Bojonegoro, terletak ± 25 Km arah barat Kota Bojonegoro. Disana terdapat 110 unit usaha yang kebanyakan merupakan industri rumah tangga. Sampai saat ini tenaga kerja yang terlibat mencapai 220 orang dengan kapasitas produksi 9.900.000 buah ledre per tahun. Pemasaranan ledre telah merambah ke beberapa kota besar seperti yang terdapat pada beberapa pasar swalayan di Jakarta.

Perusahaan :

LEDRE Pemilik : TRI CAHYANI MULYATI

Alamat : Jl. Bengawan Solo No. 148 RT 07/RW II

Dk. Kalangan, Ds. Padangan,

Kec. Padangan, Bojonegoro

Telp : 0296 – 422696

 

BEKICOT (KALENG & BEKU)

Produk yang dihasilkan berupa olahan daging bekicot (snail meat) baik dalam kemasan kaleng (canned snail meat) maupun dalam kemasan beku (frozen snail meat). Pemasaran untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor antara lain ke Amerika, Kanada, Afrika Selatan dan Taiwan.

Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol, dalam 100 gr daging bekicot kering terdiri atas leusin 4,2 gr, Lisin 4,35 gr, Arginin 4,88 gr, Asam Aspartat 5,98 gr dan Asam Glutamat 8,16 gr.

Bukankag daging bekicot mengandung bakteri salmonella? Memang betul tapi ada cara untuk menghilangkan bakteri tersebut yakni dengan teknik pengolahan yang benar. Malahan dari temuan dilapangan dilapangan bagi mereka yang biasa makan daging bekicot mengaku dapat menyembuhkan gatal – gatal, batuk, kudis dan sebagainya.

Diproduksi oleh CV. Keong Mas Permai,

Beralamat di Jl. Raya Sukowati 410 Bojonegoro Jawa Timur 62181

Telp. (0353) 886 328, 886 348

E-mail: keongmas_permai@telkom.net ,

keongmas_permai@yahoo.com

 

 

BUNGA ROSSELLA

Bunga Rosselah ini diproduksi dalam bentuk kemasan celup sehingga praktis ketika diseduh. Dengan adanya antioksidan sel – sel radikal bebas yang dapat merusak inti sel dapat dihilangkan. Itu sebabnya Bunga Rossela memiliki efek antikanker yang paling berperan adalah antosianin.

Antosianin merupakan pigmen tumbuhan berperan menjaga kerusakan sel akibat penyerapan sinar ultraviolet berlebih. Karena kandungan yang banyak maka faedahnya juga banyak baik untuk asam urat, insomia hingga kolesterol.

 

KASUR LANTAI

Kasus Lantai ini sangat nyaman dipakai untuk santai dirumah untuk nonton televisi. Proses membuat kasur lantai, kain khusus untuk membuat bahan kasur dijahit terlebih dahulu, kemudian dimasuki kapas dari limbah pabrik tekstil. Pada proses ini diperlukan teknik khusus. Bagi yang sudah mahir, dalam sehari seorang pekerja bisa membuat 12 – 15 kasur lantai, dengan ongkos Rp. 3 ribu per kasur. Karena sudah menjadi kebiasaan, kini banyak warga desa selorejo dan gunungsari Kec. Baureno yang piawai membuat kasur lantai.

 

KASUR KAPOK, BANTAL & GULING

Kasur kapok ini merupakan hasil home industri rumahan yang mana disetiap rumah di desa Tapelan Kec. Ngraho para penduduk laki – laki maupun perempuan membuat kerajinan kasur ini. Mereka membuat kasur pada saat tidak masa panen bila masa panen telah berakhir maka mereka membuat kasur. Kasur kapok ini di pasarkan di daerah lokalan, Bojonegoro dan juga ngawi.

 

KRUPUK PULI

Krupuk ini sangat cocok sekali untuk teman makan rasanya yang gurih menjadi ciri khas makanan ini. Di desa Kalirejo masyarakatnya membuat krupuk ini sebagai pekerjaan sambilan selain bertani, dengan usaha home industri ini mampu meningkatkan taraf hidup masyrakat desa Kalirejo Kec. Ngraho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro © 2014