Jelang UN, Siswa dan Wali Murid SMPN 1 Purwosari Gelar Istiqhosah

-
22 Apr 2016
2.806 dilihat

bojonegorokab.go.id - Berbagai persiapan dilakukan sekolah tingkat SMP sederajat di Kabupaten Bojonegoro menjelang Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2015/2016. Selain telah melaksanakan tryout dan menambah jam pelajaran, pihak sekolah juga mempersiapkan mental dan spriritual para siswa. 

Seperti yang dilakukan SMPN 1 Purwosari. Sekolah yang berada di barat kota Bojonegoro itu menggelar istiqhosah yang diikuti 278 siswa kelas IX (sembilan), orang tua dan guru di musala sekolah, Jum'at (22/4/2015). 

"Ini untuk mempersiapkan mental para siswa dalam menghadapi ujian nasional," kata Kepala SMPN 1 Purwosari, Joko Sutrisno. 

Diikutsertakannya para orang tua dalam istiqhosah ini diharapkan mereka bisa memberi support dan lebih memperhatikan anak-anaknya yang akan mengikuti UN.

"Khususnya saat anak-anak belajar di rumah," ucap Joko.

Ujian Nasional tingkat SMP sederajat akan digelar secara serentak pada 9 – 12 Mei 2016 mendatang. 

Kepala Bidang SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Bojonegoro, Puji Widodo, mengatakan jumlah peserta ujian nasional tingkat SMP tahun ini sebanyak 18.842 siswa. Rinciannya 11.850 siswa SMP, 6.983 MTs, dan 9 SMPLB. 

Pada hari pertama, mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, hari berikutnya Matematika, kemudian Bahasa Inggris, dan hari terakhir mata pelajaran IPA. Ujian akan dilangsungkan selama 120 menit dimulai pukul 07.30 hingga jam 09.30.

Sementara itu, jumlah sekolah yang siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah SMPN 1, SMPN 2 Bojonegoro, SMP Model Terpadu dan SMPN Baureno.(dwi/kominfo)