Tempat Ibadah

18 Jan 2021 11:06

Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam Bojonegoro ini termasuk masjid tua, karena dibangun pada tahun 1825. Lokasi Masjid Agung Darussalam Bojonegoro terletak di barat alun-alun Bojonegoro, tepatnya di JL. KH. Hasyim Hasy’ari No. 21. Masjid Agung Darussalam memiliki arsitektur yang mempesona pada renovasi yang dilakukan tahap awal. Nuansa megah dan modern tampak pada arsitektur bangunannya. Hiasan aksesoris dan ornamen pada masjid dilakukan ketika pada tahap kedua renovasi, dengan mempertahankan nilai sejarah dari berdirinya masjid Darussalam yaitu pilar-pilar dari kayu yang ada pada ruang utama bangunan. Masjid Darussalam memiliki 2 lantai dengan fungsinya masing-masing. Lantai pertama masjid terbagi menjadi 3, yang pertama area mimbar masjid, kedua area jamaah laki-laki dan yang ketiga area jamah perempuan. Adapun lantai kedua atau lantai atas digunakan untuk jamah perempuan. Selain itu Masjid memberikan fasilitas tempat wudhu wanita dan pria dan fasilitas parkir dengan area yang cukup luas. Luas bangunan masjid saja 2.422 meter persegi, sedangkan luas keseluruhan area masjid 3.562 meter persegi, dan masjid sendiri mampu menampung 1.100 jamaah. Yang unik pada arsitektur masjid ini adalah memiliki menara yang tidak biasa. Menara berbentuk spiral sehingga memiliki kesan yang unik dan artistik. Selain itu interior masjid dipenuhi dengan lampu yang terbuat dari kristal, sehingga masjid Darussalam memiliki arsitektur yang megah dan artistik.

 

Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center Bojonegoro dibangun pada tahun 2001. Berlokasi di Jl. Panglima Polim No.54, Sumbang Kidul, Sumbang, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115. Masjid Islamic Center Bojonegoro memiliki 2 lantai yang fungsinya sama, lantai pertama masjid terbagi menjadi 3, yang pertama area mimbar masjid, kedua area jamaah laki-laki dan yang ketiga area jamah perempuan. Adapun lantai kedua atau lantai atas biasanya digunakan untuk sholat jumat. Selain itu Masjid memberikan fasilitas tempat wudhu yang dibedakan pria dan wanita dan fasilitas parkir dengan area yang cukup luas.

 

Masjid At – Taqwa

Masjid At – Taqwa dibangun pada tahun 1995. Berlokasi di Jl. Tengku Umar - Kepatihan. Masjid ini mempunyai satu lantai tetapi bangunannya agak menjulang tinggi keatas karena sebelum masuk ke dalam harus menaiki anak tangga terlebih dahulu, di dalamnya terdapat area mimbar masjid, kedua area jamaah laki-laki dan yang ketiga area jamah perempuan. Selain itu Masjid memberikan fasilitas tempat wudhu yang dibedakan pria dan wanita dan fasilitas parkir dengan area yang cukup luas.

 

Masjid Baabus Shofa

Masjid Baabus Shofa dibangun pada tahun 2002. Berlokasi di Jl. Gajah Mada, Bojonegoro. Masjid ini mempunyai satu lantai yang terbagi menjadi 3, yang pertama area mimbar masjid, kedua area jamaah laki-laki dan yang ketiga area jamah perempuan. Selain itu Masjid memberikan fasilitas tempat wudhu yang dibedakan pria dan wanita dan fasilitas parkir dengan area yang cukup luas.