Pemerintah Bantu Bibit Kedelai untuk Tingkatkan Produksi dan Cukupi Kebutuhan Pasar

-
24 Apr 2016
197 dilihat

bojonegorokab.go.id - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit kedelai bagi petani. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas dan mencukupi kebutuhan kedelai di Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Pertanian Bojonegoro, Zaenal Fanani, bantuan bibit kedelai yang akan dibantukan ke petani berasal dari APBN pusat untuk areal seluas 3.000 hektar.

"Ini kita lakukan selain untuk meningkatkan produksi juga untuk mencukupi kebutuhan kedelai di Bojonegoro," katanya.

Menurutnya, kebutuhan kedelai di Bojonegoro setiap tiga bulan sekali mencapai 10.500 ton namun produksi yang ada baru mencapai 2.200 ton.

"Sehingga dengan bantuan ini diharapkan mampu mencukupi kebutuhan kedelai dan tidak lagi tergantung pada kedelai impor," jelas Zaenal.

Ditambahkan, bibit kedelai yang akan dibantukan jenis wilis dan anjasmara untuk luas lahan 3000 hektar. "Sebab tahun ini luas areal tanam kedelai baru 1.100 hekatar dengan produksi 2 ton per hektar," imbuhnya.

Sedangkan areal tanam kedelai di Bojonegoro juga masih minim. Yakni hanya dibeberapa wilayah seperti Sukosewu, Dalen, Sumberrejo, Dander, Kapas, Ngraho, Temayang dan Padangan.

"Hal ini karena petani lebih suka tanam padi daripada kedelai," pungkas Zaenal. (Git/Kominfo)