Bojonegoro Masih Aman dari Vaksin Palsu

Admin
01 Jul 2016
26 dilihat

bojonegorokab.go.id - Beredarnya vaksin palsu membuat masyarakat resah. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akhirnya mengeluarkan surat edaran berupa himbauan adanya vaksin palsu. Tak terkecuali Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.

Surat edaran dari Kementerian Kesehatan itu  berupa himbauan adanya vaksin palsu yang beredar luas di wilayah  Bekasi dan sekitarnya.

"Kami sudah mendapat surat himbauan tersebut, tapi di Kabupaten Bojonegoro vaksin yang diberikan masyarakat asli dan aman," tegas Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan, Hernowo, kemarin.

Selama ini, Vaksin yang digunakan melalui semua unit pelayanan kesehatan di Bojonegoro merupakan vaksin dari Kementerian Kesehatan sehingga sudah terjamin asli dan aman.

"Masyarakat tidak perlu khawatir.Kalau masyarakat ragu atau menemukan kecurigaan pada pemakaian vaksin bisa melapor pada Dinas Kesehatan," katanya.

Terlebih, beberapa rumah sakit dan apotek yang memiliki vaksin sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Sementara bagi rumah sakit swasta yang melakukan pengadaan vaksin sendiri, pihaknya akan mengingatkan untuk memeriksa sumber pembelian vaksin BCG, campak, polio, hepatitis B, tetanus, toksoid.

Seperti diketahui, beredarnya vaksin palsu kini menjadi perhatian serius pemerintah. Kasus tersebut masih dalam penyelidikan Bareskrim Mabes Polri dan sudah diketahui beberapa jenis vaksin yang dipalsukan yaitu BCG, campak, polio, hepatitis B, dan tetanus toksoid. (Git/Kominfo)