Minat Baca Masyarakat Bojonegoro Meningkat

-
02 Sep 2016
155 dilihat

bojonegorokab.go.id - Minat baca masyarakat Bojonegoro meningkat. Hal itu terlihat dari meningkatnya pengunjung di perpustakaan daerah (Perpusda) mencapai 17.554 orang terhitung sejak Januari hingga Agustus 2016 lalu.

Jumlah pengunjung perpusda ini didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Selain dari sisi peminjam mencapai 1.372, buku yang di baca 4.479 orang.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan (Arpusda) Kabupaten Bojonegoro, Slamet Taufik mengatakan, jumlah buku yang dipinjam pengunjung sendiri mencapai 2.301 buku. Sedangkan jumlah buku baca di kantor perpustakaan sendiri mencapai 38 ribu lebih yang meliputi beragam jenis.

“Rata-rata yang di baca adalah buku inovasi pendidikan,” kata Slamet.

Selain itu Perpusda Bojonegoro juga menyediakan 16 komputer internet gratis. Fasilitas ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung untuk mendatangi perpuda.

Tercatat ada 10.516 pengunjung yang menggunakan fasilitas tersebut untuk mencari buku baca yang di inginkan. Kebanyakan pengunjung mengunakan internet untuk mencari referensi sekunder ketimbang sumber keperpustakaan di perpus yang tidak berhasil di temukan.

Bertambahnya jumlah pengunjung ini dapat menjadi sarana mendorong minat baca masyarakat. Untuk itu, Perpusda Bojonegoro akan terus mengupayakan menambah dan melengkapi koleksi buku.

“Kami harapkan ada penambahan alokasi anggaran dari APBD untuk tahun depan,” imbuhnya. (dwi/kominfo)