Pemkab Usulkan Perbaikan Sejumlah Pasar

-
04 Sep 2016
464 dilihat

bojonegorokab.go.id - Beberapa pasar di Kabupaten Bojonegoro masuk dalam list perbaikan karena kondisinya sudah tidak layak. Sehingga Dinas perdagangan dan perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bojonegoro tengah mengusulkan beberapa pasar untuk diperbaiki. "Tujuannya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung pasar," ungkap Basuki Kepala Disperindag Bojonegoro.

Dijelaskan saat ini pihaknya tengah berencana mengusulkan pasar yang akan di bangun. Karena banyaknya pasar yang berada dalam kondisi tidak layak sehingga pembangunannya harus bertahap. "Saat ini yang sedang dalam proses pembangunan ialah pasar Kedungadem dan Kalitidu, yang rencananya dirampungkan Oktober mendatang," ujarnya.

Kabupaten Bojonegoro mempunyai 90 unit pasar, 12 diantaranya dikelola daerah atau PD pasar. Sisanya dikelola oleh pemerintah desa (Pemdes). Sedangkan untuk pembangunan, Pemkab hanya menangani pasar yang dikelola daerah. Untuk pasar yang dikelola desa, kewenangan sepenuhnya di berikan pada desa. "Karena anggaran desa cukup banyak untuk infrastruktur pembangunan," imbuhnya.

Basuki mengaku belum tahu pasti jumlah pasar yang akan dibangun tahun depan karena masih dalam usulan. "Namun, seluruh pasar yang kondisinya tidak layak akan segera kami bicarakan dan tindak lanjuti. Agar tidak membahayakan pedagang maupun pembeli," pungkasnya. (Rik/Kominfo)