Wabup Himbau Camat dan Kades Jaga Keamanan Saat Pilkades

-
05 Sep 2016
464 seen

bojonegorokab.go.id - Pemkab Bojonegoro melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan badan permusyawaratan desa, di Pendopo Malowopati Senin pagi (05/9). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman Perda Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa. Dan meningkatkan pola aman selama pelaksanaan pemilihan kepala Desa Oktober mendatang.Kegiatan ini di hadiri oleh Perwakilan Dinas terkait, Camat, Kasi Pemerintahan Kecamatan, Kepala Desa, Pj Kepala Desa, Sekretaris desa dan BPD. 

Dalam laporannya, E.C Djumari Kepala BPMPD Bojonegoro menyampaikan kegiatan pemilihan kepala desa ini dilakukan serentak bergelombang, yang diikuti sekitar 32 Desa di 21 Kecamatan. "Pemilihan kepala desa kali ini akan ada tiga gelombang, pertama pada 2016, kedua 2019 dan terakhir 2020," katanya. 

Selain itu, lanjut Djumari, kegiatan Pilkades kali ini bisa diikuti oleh seluruh warga meskipun tidak tinggal di desa tersebut. Tanpa ada syarat tinggal, asal warga negara Indonesia. "Untuk calon kepala desa bisa menjabat selama tiga kali periode, dan tidak ada batasan usia asal sehat jasmani rohani," jelasnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono menyampaikan rasa terima kasihnya atas nama pemerintah Kabupaten Bojonegoro. "Saya berpesan kepada seluruh Camat, Kepala Desa untuk menjaga keamanan ketertiban selama pelaksanaan Pilkades," tandanya saat membuka acara tersebut. 

Tak hanya itu Wabup juga mengingatkan agar seluruh calon mentaati peraturan yang telah di bahas oleh pihak terkait, dan melaksanakan tugas sesuai dengan keharusan. Wabup menekankan kepada seluruh kepala desa baik yang akan mencalonkan lagi maupun tidak, untuk menjaga sportivitas. 

"Dalam arti tetap mau terbuka dan bekerjasama meskipun nantinya saat Pilkades menang maupun kalah," tegasnya. 

Dalam Pilkades kali ini diharapkan dapat terjalin suasana yang kondusif sesuai arahan Camat. Oleh sebab itu, Camat harus benar-benar memantau pelaksanaan Pilkades agar berjalan dengan lancar dan menghindari konflik. 

Terakhir, Wabup berpesan agar pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai mekanisme, tahapan dan regulasi secara transparan. (Rik/Kominfo)