Kecamatan Baureno Terbanyak Penerima Jamkesda

-
05 Sep 2016
436 dilihat

bojonegorokab.go.id - Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang sangat membantu warga sangat miskin untuk dapat layanan kesehatan  dari Pemkab Bojonegoro, sehingga menambah jumlah pengajuan Jamkesda yang saat ini mencapai ratusan ribu jiwa. 

Berdasarkan data dari Disnakertransos, jumlah penerima Jamkesda terbanyak ada di kota dan daerah pinggiran kota. Misalnya,  Kecamatan Baureno dengan jumlah penerima mencapai 10.857 jiwa. Sedangkan untuk Kecamatan Kota jumlah penerima Jamkesda mencapai 10.354 jiwa. 

"Data penerima Jamkesda terbanyak justru di kawasan yang dekat dengan pusat pemerintahan. Untuk daerah yang jauh dari pusat pemerintahan jumlahnya sangat berbanding terbalik," ujar Dwi Herningsih, Kepala bidang Rehabilitasi Sosial dan Peningkatan Kesejahteraan Disnakertransos Bojonegoro.

Dibanding dengan Kecamatan Kota, jumlah penerima Jamkesda di Kecamatan Margomulyo hanya 1.800 jiwa, sedangkan Sekar sebanyak 2.836 jiwa. 

Hal ini sontak menjadi pertanyaan masyarakat, karena kartu tersebut merupakan jaminan kesehatan untuk masyarakat sangat miskin. 

"Namun, di lapangan kami tidak bisa memastikan data yang diterima benar begitu adanya. Karena, banyak penerima non kategori yang mendaftar Jamkesda," katanya.

Kemudahan dan fasilitas yang di berikan dari layanan Jamkesda inilah yang menarik minat warga. Sebab selain murah, pelayanannya pun tidak kalah dengan lainnya. 

Sedangkan pihak disnakertransos belum pernah melakukan verifikasi di lapangan soal data tersebut. Dan sudah dipercayakan pada pihak desa masing-masing. (Rik/Kominfo)