Anggarkan Rp 90 Juta untuk Bersihkan Endapan Lumpur dan Sampah

-
08 Sep 2016
437 seen

bojonegorokab.go.id - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bojonegoro menganggarkan Rp. 90 juta untuk membersihkan endapan lumpur dan sampah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di ruas jalan saat musim penghujan. 

"Fokus kita memang pada tiga titik tersebut, yakni masalah sampah dan endapan lumpur di saluran tersebut," ujar Nurul Azizah, Kepala DKP Bojonegoro. 

Adapun sasaran utama DKP yang akan dibersihkan berada di tiga titik. Yakni saluran wilayah Kota Jalan Panglima Sudirman, Diponegoro dan Ade Irma Suryani. 

Selain itu menurut Nurul sampah merupakan masalah yang serius jika di gabungkan dengan air. Sebab sampah akan menghambat jalannya air, yang menyebabkan terjadinya banjir dan akhirnya timbul endapan lumpur. "Jika itu terjadi di saluran Kota, dan apabila memasuki musim hujan maka akan sangat merugikan banyak orang," katanya. 

Oleh sebab itu, DKP menganggarkan dana sekian itu dengan harapan tiga titik saluran di Kota bisa teratasi Utamanya masalah kebersihan sampah dan endapan lumpur. Saat musim hujan, air di ketiga saluran tersebut sulit untuk mengalir karena adanya sampah dan endapan lumpur. Sehingga, Dengan dibersihkannya endapan lumpur maka nanti saat hujan air akan menyerap secara normal dan cepat. Endapan lumpur itu nantinya akan di buang ke tempat pembuangan Akhir di Kecamatan Trucuk, sebab disana nanti bisa bermanfaat. 

Nurul menghimbau kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempanya sebab selama ini masih banyak masyrakat yang membuang sampah sembarangan. Diruas jalan trotoar sudah disediakan tampat sampah untuk pejalan kaki, sehingga diharapkan masyarakat saat dijalan bisa membuang sampah pada tempatnya. (Rik/Kominfo)