Tingkatkan Pelayanan, Dispendukcapil Gandeng Sejumlah Rumah Sakit

-
10 Sep 2016
434 dilihat

bojonegorokab.go.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Bojonegoro terus memperluas jaringan dalam memberikan pelayanan. Pelayanan itu salah satunya ialah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mengadu atau meminta bantuan. Karena masyarakat berhak untuk mendapat pelayanan yang mudah dan cepat.

Dalam mengembangkan program sistem administrasi kependudukan (Siak), Dispendukcapil menjalin kerjasama dengan dua rumahsakit. Yakni RSUD Sumberrejo dan Padangan. "Sebelumnya sudah ada tujuh rumahsakit yang kami ajak kerjasama, dan saat ini kami perluas jaringan," ungkap suhono, Kepala Dispendukcapil Bojonegoro.

Dijelaskan ada tujuh Rumah sakit yang melakukan kerjasama dengan Dispendukcapil yakni RS Sumber Sehat di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas), RS Muna Anggita di Jalan A. Yani Bojonegoro, RS Ibnu Sina di Jalan Lisman Bojonegoro, RSUD Sosodoro Djatikusumo di Jalan Doktor Wahidin, RS Aisyiah di Jalan Hasyim Asyari, RS Bhayangkara Wahyu Tutuko di Jalan Panglima Soedirman, dan RS Muhammadiyah Sumberrejo.

Program ini memberikan kemudahan bagi orang tua yang akan membuatkan akta kelahiran bagi anaknya yang baru lahir. "Sekarang, bisa dilakukan secara online dengan bantuan rumahsakit. Sehingga, mereka tidak perlu bolak-balik ke kantor Kecamatan maupun Dispendukcapil," katanya.

Suhono menambahkan, masyarakat hanya perlu sekali datang ke dispendukcapil untuk registrasi dan tandatangan. "Setelah itu, ketika akta sudah jadi mereka akan mendapay sms gateway. Dan semua itu gratis," imbuhnya. (Rik/Kominfo)