Tanam Pohon Sambil Promosikan Wisata Bojonegoro

-
11 Mar 2017
83 dilihat

bojonegorokab.go.id - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan hutan dan sekaligus mempromosikan wisata di Kabupaten Bojonegoro. Seperti kegiatan tanam pohon yang dilakukan Pajero Indonesia Angling Dharma Chapter (ADC) di sekitar Waduk Pacal yang terletak di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Sabtu (11/3/2017). 

Ada 1500 bibit yang ditanam di sekitar waduk peninggalan kolonial Belanda, tepatnya di RPH Sugihan, BPKH Tretes. Rinciannya, 500 pohon trembesi, 500 pohon sirsat, dan 500 pohon jambu merah. 

Kegiatan sosial bertajuk "Pajero Indonesia ADC Peduli Lingkungan" ini melibatkan Perhutani KPH Bojonegoro, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), masyarakakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungsumber, serta pelajar dari SMPN 1 dan 7 Bojonegoro, yang merupakan sekolah berpredikat Adiwiyata. 

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian hutan di wilayah Bojonegoro, khususnya di sekitar Waduk Pacal," kata Ketua Pajero Angling Dharma Chapter, Rudianto.

Dia menjelaskan, dipilihnya Desa Kedungsumber karena desa ini langganan terjadi banjir bandang setiap kali hujan lebat. Bencana itu terjadi karena hutan di sekitarnya, termasuk di sekitar Waduk Pacal telah gundul sehingga tidak memiliki resapan air. 

"Kami harapkan dengan penanaman pohon ini bisa melestarikan hutan sekaligus membantu mengendalikan bencana," ujar Rudianto.   

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempromosikan Waduk Pacal kepada masyarakat luas. Karena komunitas yang 40 orang ini selain dari Kabupaten Bojonegoro, juga dari Tuban, Lamongan, Kediri, Nganjuk, Surabaya, Jawa Timur, dan Blora, Jawa Tengah.

"Karena visi kami salah satunya adalah mengenalkan wisata di Indonesia, termasuk di Bojonegoro," pungkasnya.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Tretes, Dadi Diyanto, mengapresiasi kepedulian Pajero Indonesia ADC dalam melestarikan hutan. Hal ini sejalan dengan program reboisasi Perhutani yang dilaksanakan lahan yang kosong yang digarap masyarakat.

"Ini merupakan bentuk sinergi yang baik dalam melestarikan lingkungan dan mempromosikan wisata," tegasnya.

Senada juga disampaikan Kepala Desa Kedungsumber, Kardi. Menurutnya, dengan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Pajero Indonesia ADC ini dapat menginspirasi komunitas lainnya untuk melestarikan hutan dan mempromosikan potensi Bojonegoro.

"Mudah-mudahan ini akan mengisiasi pendirian agrowisata di sekitar Waduk Pacal. Kelak selain pengunjung bisa menikmati keindahan waduk, juga bisa memetik buah dengan cara menyeberang menggunakan perahu," pungkasnya.(dwi/kominfo)