Bojonegoro Launching Reaksi Cepat Pengaduan Rakyat Layanan Aduan 24 Jam

-
07 Apr 2017
38 seen

bojonegorokab.go.id - Bupati Bojonegoro Suyoto didampingi Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro melaunching Reaksi Cepat Pengaduan Rakyat saat dialog publik di Pendopo Malowopati,Jumat (07/04). Melalui sistem ini masyarakat dapat melayangkan aduan di nomor telp untuk aduan 0353 880999 dan 08113322958 yang langsung direspon penyiar radio untuk diteruskan kepada instansi yang membidangi. Layanan reaksi cepat ini dikembangkan untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di era keterbukaan publik yang kini dilakukan Pemkab Bojonegoro. Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro,Kusnandaka Tjatur P, reaksi cepat pengaduan rakyat ini bekerjasama dengan forum radio Bojonegoro (FRB) di seluruh Kabupaten Bojonegoro. "Dari aduan yang masuk di radio nantinya akan diteruskan ke Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) atau bisa menjadi bahan dalam dialog ayo masyarakat bojonegoro atau ayo mas bro di radio Malowopati," katanya. Dalam kesempatan itu Bupati Bojonegoro Suyoto menegaskan saat ini masyarakat semakin mudah dan cepat untuk menyampaikan aduannya. "Jika ada permasalahan cukup lapor di radio malwopati, kemudian malwopati akan langsung kontak unit terkait semisal kecelakaan akan langsung lapor ke pihak Kepolisian," tegasnya. Dijelaskan, diawal menjabat Bupati Kang Yoto menerima lebih 300 sms setiap harinya dan kini sudah semakin kurang. "Secara fisik kepemimpinan Bupati berakhir,karenanya kini sudah menyiapkan format untuk menangani aduan yang kemudian akan langsung menghubungi pihak terkait," ungkapnya. Menurutnya unit reaksi cepat pengaduan masyarakat ini adalah Solusi 1001 urusan rakyat. "Formula yang diterapkan bahwa setiap aduan nantinya akan ditangani oleh unit reaksi cepat," imbuhnya. Meski demikian, Bupati mengharapkan agar masyarakat tidak usah khawatir dan beranggapan bahwa dirinya tak menerima aduan. "Jangan khawatir semua aduan ini akan terpantau ada verifikasi lanjutan dan setiap Jumat pagi akan terlapor atau terpantau di rapat manajemen review yang rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro," tandasnya. Dengan tegas Bupati mengatakan bahwa Dialog tak hanya hari jumat namun dialog 24 jam dengan rakyat. Rakyat bisa menyampaikan apapun itu secara langsung di nomer kontak yang telah tersedia. "Contohnya, produk UMKM kita diterima oleh Lion Parcel, jika produk belum memenuhi standart maka akan dibantu pelatihan untuk perbaikan kualitas produk Bojonegoro. Jika kita jujur sepahit apapun akan baik, namun jika tidak jujur maka akan menyusahkan kita dikemudian hari," jelas Kang Yoto. Bupati akan melakukan evaluasi kinerja unit ini untuk memonitor aduan yang masuk sehingga terjadi partnership dan transparansi disemua lini. Diakhir sambutannya agar semua mitra dilibatkan ini adalah radio rakyat yang menyalurkan aspirasi rakyat. "Kita adalah contoh dunia untuk keterbukaan dan partnership," pungkasnya. Sementara itu Kapolres Bojonegoro,Wahyu S Bintoro mengucap selamatkan dengan launching reaksi cepat pengaduan rakyat yang mengedepankan unsur transparansi, partnership dan terobosan inovasi. Dikatakan jajaran Polres Bojonegoro juga sudah memiliki CAS. Aplikasi Panic Buttom alarm akan terhubung dengan seluruh jajaran polres Bojonegoro dengan mengunduh di aplikasi playstore CAS Polres Bojonegoro. (Git/Kominfo)