49 Gedung SD di Bojonegoro Akan Direhab

-
27 Apr 2017
40 dilihat

bojonegorokab.go.id- Sebanyak 49 gedung sekolah dasar negeri yang tersebar di sejumlah kecamatan di Bojonegoro akan direhabilitsasi. Jumlah anggaran yang disiapkan sebedar Rp7,5 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. 

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Bojonegoro, Zamroni mengatakan, pihaknya telah mengajukan daftar sekolah penerima bantuan rehabilitasi kepada Bupati Bojonegoro untuk mendapatkan surat keputusan (SK).

Saat ini, lanjut dia, pihanya sedang menyusun daftar lembaga yang bakal menerima DAK untuk rehab tingkat sedang. Namun, dirinya belum bisa membeberkan mana saja SD yang akan menerima. 

“Karena belum ada SK bupatinya. Nanti kalau itu turun baru bisa dijelaskan penerima definitif DAK,” kata dia, Kamis (27/4/2017).

Kegiatan DAK ini merupakan upaya pemeliharaan fasilitas sekolah khususnya SD. Dia menambahkan bahwa rata-rata biaya rehab sedang  per ruang sekolah sebesar Rp 54 juta. Sedangkan setiap lembaga akan memerlukan biaya rehab beragam tergantung jumlah ruang. 

”Tiap sekolah sedikitnya sekitar 2 s/d 3 ruang akan direhab sedang,” imbuhnya.

Dalam pelaksanannya, secara teknis kegiatan ini dilakukan secara swakelola oleh masing-masing sekolah penerima DAK. Lebihn lanjut, Dia menjelaskan bahwa penunjukan pihak ketiga untuk melakukan rehab dilakukan oleh kepala sekolah.(dwi/kominfo)