Sekda Kendal Khususkan Hadir di Bojonegoro

Admin
12 May 2017
17 seen

bojonegorokab.go.id - Ada yang berbeda di rapat evaluasi kinerja yang rutin digelar setiap hari jumat dilingkup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro,Jumat (12/5) pagi ini. Selain tempat yang biasanya di Rumah dinas rapat manajemen review kali ini berlangsung di Ruang Angling Dharma Kantor Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yakni dengan hadirnya jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Sama seperti rapat manajemen review dipaparkan tentang aduan masyarakat yang selama sepekan ini masuk dI Organisasi Perangkat Daerah mulai infrastruktur jalan dan kapan rencana pencairan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) . Hal lain yang masuk antara lain pembuatan Prona atau sertifikat serta aduan aduan lainnya yang masuk dari aplikasi Lapor. Kusnandaka Tjatur P Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro mengatakan laporan yang masuk di Radio Malwopati antara lain adalah masalah infrastruktur dan kenaikan PLN yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Diakhir penjelasannya Kusnandakan minggu depan Manager OGP Brittany dari Wahsington DC akan melakukan lawatan selama dua hari di Kabupaten Bojonegoro untuk melihat pelaksanaan OGP di Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Kang Yoto memberikan catatan birokrat fokus pada dua input dan proses,padahal rakyat membutuhkan output dan outcame. Dicontohkan Bupati masalah tunjangan guru jawaban dari OPD menunggu usulan dari Dinas Pendidikan. Padahal yang ditanyakan waktu dan kapan . Menurut Bupati jawaban itu benar jika dirapat manajemen review namun untuk jawaban kepada rakyat kurang tepat. Karenanya Bupati memutuskan agar minggu depan agar dicairkan. Dengan tegas Bupati mengatakan tentang DAK pendidikan minggu depan sudah harus cair. Jadi jika ada camat yang belum mengusulkan atau mengirimkan data maka, TPP dari camat akan ditangguhkan atau dipotong. Minggu depan pada saat pencairan DAK dirinya bersama Wabup akan melakukan pemantauan langsung dilapangan. 

Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri apabila ada keluhan dari masyarakat agar disikapi. Seluruh birokrat untuk meningkatkan kepekaan terhadap masalah yang banyak dikeluhkan masyarakat. Utamanya untuk pasar pasar agar segera difungsikan  agar memberikan dampak positif kepada masyarakat. Komunikasi kita harus di tingkatkan agar tidak ada keluhan yang sama. Khusus untuk tindak lanjut skenario anak anak putus sekolah agar dikawal dengan benar dimana mereka sekolah, bagaimana biaya dan apa yang dibutuhkan. Saat ini kita bekerja keras agar JTB tiung biru segera berjalan agar rakyat kita mendapatkan manfaat dengan terlibat dalam kegiatan JTB. Bupati menegaskan jika JTB ini segera dimulai akan menggerakkan ekonomi yakni penyerapan tenaga kerja di proyek ini.Diakhir sambutannya Bupati mengingatkan agar semangat OGP terus digelorakan dan kegiatan tentang OGP agar segera diselesaikan diseluruh OPD.

Sementara itu rombongan Kabupaten Kendal yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro  dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Bambang Dwiono MT. Adapun Rombongan terdiri dari Tenaga Ahli Profesional dari Pendamping Desa, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal dan Kepala Desa Berprestasi di Kabupaten Kendal.

Berdasarkan data dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa dari 430 desa dan kelurahan di Kabupaten Bojonegoro  197 masuk di kriteria desa swasembada dan 123 swakarya madya. (Humas)