Semua Sekolah Wajib Mengajarkan 9 Keterampilan Kunci Sukses

-
14 Jul 2017
6 dilihat

bojonegorokab.go.id – Bupati Bojonegoro Suyoto mewajibkan kepada semua siswa baru untuk mengisi buku rencana hidup. Melalui pengisian buku ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang kuat lahir batin, sehat, cerdas, dan produktif, mandiri serta bisa menjalani hidup dengan bahagia.

“Dulu kita sering bertanya kepada anak-anak kita, apa cita-citamu Nak ? kini saatnya kita mengubah pertanyaan itu, Bagaimana kelak engkau akan bisa hidup lebih baik Nak ? Apa yang kelak dapat membuatmu hidup ? Apa yang dapat engkau kontribusikan dalam kehidupan ini ? Dengan siapa engkau akan berkolaborasi ? Apa yang engkau miliki dan apa yang kini harus engkau terus kembangkan agar kelak engkau sukses menjalai setiap ujian sebagai tantangan kehidupanmu dan mengabdi buat kehidupan ?” kata Suyoto kepada berita bojonegorokab.go.id, Jumat (14/7/2017).

Bupati berharap dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat menumbuhkan generasi berkualitas yang lebih banyak lagi.

“Anak-anak tentu tidak akan menyiapkan sendirian menyiapkan dirinya sendiri. Inilah mandat kepada orang tua, guru, lingkungan, ormas, pebisnis dan pemerintah,” tegas bupati yang familier disapa Kang Yoto ini.  

Untuk mewujudkan generasi berkualitas ini, dirinya telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) kewajiban 9 keterampilan kunci sukses. Dengan perbup ini semua satuan pendidikan wajib mengajarkan 9 keterampilan kunci sukses hidup di Bojonegoro.

Ada sembilan keterampilan yang wajib diberikan kepada semua satuan pendidikan kepada peserta didik yakni terampil niat hidup lebih baik, terampil berkarya yang layak dan laku dijual sebagai amal sholeh, terampil berkomunikasi, terampil berpikir kritis reflektif, terampil bekerja sama atau berkolaborasi, terampil hidup kreatif dan inovatif, terampil mengelola hidup bahagia
terampil hidup sehat, dan terampil dalam hidup berkebencanaan (survive).

“Ini wajib diajarkan kepada semua sekolah kepada siswa,” tandas Kang Yoto.(dwi/kominfo)