KADEKA Kawasan Wisata Baru Bojonegoro

-
03 Jul 2015
2.007 dilihat

bojonegorokab.go.id - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tengah menggarap potensi wisata yang dimiliki diantaranya adalah kawasan Kecamatan Kapas, Dander dan Kalitidu yang dikenal dengan kawasan KADEKA. Daya tarik kawasan wisata yang kini tengah digarap antara lain daya tarik wisata alam, wisata budaya, wisata agro dan wisata khusus.

Kepala Bidang di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bojonegoro, Eryan Fatmawati menjelaskan kita saat ini melakukan identifikasi dan inventarisir potensi wisata di Bojonegoro baik yang saat ini sudah ada ataupun tengah digali untuk dikembangkan. Hal ini terungkap saat Rapat Koordinasi yang digelar di Sumber mata air Desa Ngunut Kecamatan Dander,Rabu (2/7/2015).

Masih kata Eryan, Bojonegoro memiliki kekayaan potensi yang apabila digarap lebih lanjut nantinya akan menambah daftar destinasi kunjungan di Bojonegoro. Potensi nantinya akan digolongkan dalam beberapa kriteria antara lain wisata alam, budaya, agropolitan dan wisata khusus. Yang terletak di empat kecamatan yakni Kapas, Dander dan Kalitidu kemudian ditambah satu kecamatan lain yakni Trucuk yang memiliki potensi wisata agro.

Ditambahkan, setidaknya nanti destinasi kunjungan wisata di Bojonegoro akan bertambah selain objek yang kini sudah ada seperti Khayangan api dan Kebun Belimbing Desa Ngringinrejo. Kedepan KADEKA nanti setidaknya akan menambah puluhan objek baru di Bojonegoro.

Dijelaskan untuk Kecamatan Kapas saja ada 9 objek yang terdiri dari Desa wisata petik salak di Desa Tanjungharjo, Desa wisata petik pepaya California di Desa Bakalan. Desa wisata Jamur Tiram di Desa Klampok, Desa Wisata waduk dan tubing Sungai di Desa Bendo. Dewa wisata industri kreatif di Desa Mojodeso. Desa wisata pande besi di Desa Kedaton, Desa wisata plesungan  dan Agroguna mandiri Desa kalianyar dan agro wisata salak di Desa Wedi, Kalianyar dan Tapelan.

Sedangkan untuk Kecamatan Dander nantinya objek wisata yang ada antara lain Water Park The Dander, Kampung kreatif di Desa Dander, Wisata kuliner ikan di Dusun Tempuran Desa Sumodikaran. Desa wisata outbond dan tubing di Desa Ngunut, agrowisata mangga dan outbond di Desa Kunci, wisata pemancingan di Dusun Kedungrejo Desa Ngumpakdalem dan wisata air di Sumberarum dan kunci serta wisata gua.

Untuk wilayah Kalitidu objek wisata yang akan digarap antara lain agro wisata belimbing di Desa Mojo, agrowisata belimbing dan wisata perahu di desa mojo menuju trucuk. Agro wisata jambu biji merah di Desa Mayanggeneng. Wisata pemancangan di Desa Panjunan, Wisata Waduk Dayaan di Desa Wotanngare dan wisata religi Petilasan Angling Darma yang masih berlokasi di Wotanngre juga.  Tidak hanya tiga wilayah itu namun akan dikembangkan pula diwilayah Kecamatan Trucuk yakni Agro wisata jambu krital di Desa Pagerwesi dan Padang. (Git/Dinkominfo)