Komisi VII DPR RI Kunjungi Bojonegoro

Admin
05 Aug 2015
1.610 dilihat

bojonegorokab.go.id - Komisi VII DPR RI, Rabu (5/8) melakukan kunjungan lawatan di Kabupaten Bojonegoro pasca insiden yang melibatkan pekerja di EPC 1. Rombongan diterima Bupati dirumah dinas Bupati dengan dihadiri beberapa pihak mulai MCL, SKK Migas, Tri Patra dll.

Ketua komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyuurip ini sangat penting dan menjadi andalan nasional. Dijelaskan kunjungan kerja ini untuk melihat latar belakang insiden 1 Agustus lalu sekaligus melihat upaya yang telah dan akan dilakukan oleh beberapa pihak baik pemerintah kabupaten Bojonegoro dan aparat keamanan serta operator blok cepu. Diakhir sambutannya kardaya menyampaikan bahwa apa yang terjadi adalah sebagai pelajaran untuk disini dan tempat lainnya.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Drs. Suyoto menyampaikan bahwa minyak memberikan harapan baru bagi rakyat bojonegoro, yakni harapan untuk keluar dari kemiskinan. Oleh karenanya pemerintah membuat skenario dengan pembangunan keberlanjutan yang didalamnya terdapat penguatan Sumber Daya Manusia, infratsruktur yang relevan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan penguatan fiskal. Bupati menambahkan bahwa kebijakan  yang dibuat Pemkab antara lain dengan Perda Lokal dan Dana Abadi migas. Pemikiran ini dilakukan karena puncak produksi hanya berlangsung 3-4 tahun kemudian akan menurun. Jangan sampai kutukan sumber daya alam ini menimpa Bojonegoro. Oleh karena Bupati meminta dukungan politik  dari komisi VII dalam pembahasan undang undang migas.

Bupati menyampaikan bahwa pembangunan berkelanjutan yang dipehatikan adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yaknipemkab membuat pelatihan bagi 12 ribu orang sebagai upaya peningkatan kemampuan SDM Bojonegoro.disi lain Pemkab juga mengalokasikan dana khusus bidang pendidikan untuk siswa SMa sederajat yang tahun ini alokasinya mencapai 500 ribu rupiah per siwa per tahun dan tahun depan akandtigkatkan 2 juta pertahun. Pengelolaan keuangan dari sektor migas ini  untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Bojonegoro. Tidak hanya itu pemkab menggengandeng beberapa pihak antara lain world bank dan UNDP untuk membantu arahan kebijakan dan fiskal yang nantinya tidak akan merugikan siapapun

Selain ketua komisi anggota komisi VII DPR RI yang hadir dalam kesempatan ini adalah Toni wardoyo dari Fraksi PDIP, Falahamru fraksi PDIP pula, Bambang hariyadi dari fraksi Partai Gerakan Indonesia raya, Satya Yudha dari fraksi Partai Golongan Karya dan Hari Purnomo.
Sementara itu dari lingkup Pemkab Bojonegoro hadir pula Wakil Bupati drs. H. Setyo Hartono, komandan Kodim, Kapolres dan ketua DPRD bojonegoro.(bojonegorokab.go.id)