Kenali Perbedaan Antara Daging Sapi dan Babi

-
25 Aug 2015
1.191 dilihat

bojonegorokab.go.id –  Hingga hari ini belum ditemukan adanya daging celeng atau daging sapi yang diopolos dengan daging celeng beredar di pasar tradisional. Namun demikian, masyarakat dihimbau untuk lebih teliti saat membeli daging.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bojonegoro memberikan tips untuk mengetahui apakah daging yang dijual adalah daging sapi murni, babi (celeng), atau daging sapi opolosan dengan daging celeng.

Untuk mengetahui hal itu, ada beberapa cirri-ciri yang membedakan antara daging sapi dengan daging babi. Yakni warna daging babi lebih pucat dari daging sapi. Kemudian warna daging babi mendekati warna daging ayam. Selain itu serat daging babi samar dan sangat renggang.

“Sedangkan serat daging sapi lebih padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas,” ujar Kepala Disperindag Bojonegoro, Basuki.

Ciri lainnya, lanjut Basuki, adalah jika dilihat pada daging sapi lebih kaku dan padat dibanding dengan daging babi yang lembek dan mudah diregangkan. Untuk daging babi memiliki aroma khas, sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah diketahui semua masyarakat.

“Masyarakat harus teliti dan pandai memilah-milah agar mengenali daging yang akan dibeli,” pesan Basuki.(dwi/kominfo)