186 Desa di Bojonegoro Telah Memiliki Bank Sampah

-
21 Nov 2020
899 dilihat


Bojonegorokab.go.id - Sebanyak 186 desa di Kabupaten Bojonegoro telah memiliki Bank Sampah. Diharapkan dengan bank sampah mengurangi volume sampah sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hanafi menjelaskan setiap harinya orang membuang sampah 0,4 kilogram perhari.  Sedangkan penduduk Bojonegoro ada 1,3 juta penduduk yang menghasilkan sampah. Sehingga kurang lebih 550 ton perhari. Namun sampah yang dapat dikelola oleh TPA hanya 80 sampai 100 ton perhari. 

"Maka dari itu, Pemkab Bojonegoro merealisasikan Bank Sampah yang ada di wilayah-wilayah,” ucapnya. 

Hanafi menjelaskan bahwa dengan memfungsikan Bank Sampah, maka dapat mengurangi jumlah sampah sebelum dibuang di TPA. Untuk saat ini ada 186 desa yang sudah memiliki Bank Sampah. Pengelola bank sampah desa diberikan pelatihan oleh DLH. 

“Harapan kedepanya untuk 2021 semoga 432 desa se Bojonegoro dapat memiliki Bank Sampah sendiri. Selain mengurangi volume sampah, Bank Sampah dapat membantu roda perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menambahkan bahwa untuk bank sampah sedang digalakkan. Untuk realisasinya memang bertahap agar 432 desa lpunya Bank Sampah. "Saya mengapresiasi karang taruna (kartar) Desa Sudu Kecamatan Gayam yang mau peduli dengan lingkungannya yang mau mengelola Bank Sampah,” kata Bupati saat Sambang Desa di Desa Sudu, Kecamatan Kalitidu, Sabtu (21/11/2020).

Bupati Anna berharap desa maupun karang taruna yang memerlukan pelatihan terkait apapun, bisa mengajukan proposal bantuan pelatihan untuk mengembangkan desa.

Selain itu, adapun 186 Data bank sampah Desa dari DLH Bojonegoro tersebut diantaranya. kecamatan Dander dan Baureno terdapat 8 bank sampah Desa, kecamatan Tambakrejo, Gayam dan Kedewan tersebar 4 bank sampah Desa, Kecamatan Kapas dan Balen ada 20 bank sampah Desa, Kecamatan Ngraho dan Sugihwaras terdapat 7 bank sampah Desa. 

Serta Kecamatan Sumberejo terdapat 2 bank sampah Desa, Kecamatan Margomulyo 3 bank sampah Desa, Kecamatan Kanor terdapat 26 bank sampah Desa, Kecamatan Trucuk ada 10 bank sampah Desa. 

Sementara itu, untuk Kecamatan Purwosari 5 bank sampah Desa, Kecamatan Ngasem dan Kalitidu ada 16 bank sampah Desa, Kecamatan Kepohbaru 2  bank sampah Desa, Kecamatan Kedungadem 11 bank sampah Desa, Kecamatan Padangan dan Kecamatan Bojonegoro telah tersebar 6 bank sampah Desa dan Kecamatan Kanor sebanyak 26 bank sampah desa dari DLH Bojonegoro.(fif/kominfo)