Lewat Pertura Ajak Warga Sukseskan Ayo Sekolah dan ODF

-
01 Sep 2015
297 dilihat

bojonegorokab.go.id - Berbagai cara dilakukan untuk mensukseskan program Ayo Sekolah dan penuntasan open defecation free (ODF) atau bebas buang air besar sembarang tempat di tingkat pedesaan. Salah satunya mengkampanyekan melalui pertunjukan rakyat (Pertura) yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini, Dinkominfo memberikan sosialisasi tentang pentingnya menyukseskan program Ayo Sekolah dan ODF yang disampaikan melalui hiburan lawak dan campur sari.  Sosialisasi itu disampaikan dengan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti oleh masyarakat pedesaan.

“Batu kalau dijual dalam bentuk batu saja, sekalipun jumlahnya banyak harganya murah. Tapi kalau batu itu digosok dan dibentuk akik pasti harganya jauh lebih mahal. Namun untuk mengolahnya dibutuhkan keterampilan,” kata Gentho saat tampil di Pertura putaran ke dua di Lapangan  Desa Pejok, Kecamatan Kepohbaru, Sabtu (29/8/2015) malam kemarin.

“Untuk bisa memiliki keterampilan harus pandai, biar pandai harus sekolah. Jangan sampai putus sekolah,” lanjut dia.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Pejok, Sri Hartini, menyatakan, akan menuntaskan program ODF di desanya. Sebab belum lama ini pihaknya telah memperoleh bantuan closed sebanyak 540 buah dari PKK Kabupaten. Bantuan itu telah didistribusikan ke masing-masing kepala keluarga agar segera dipasang.

“Target saya tahun ini Pejok harus jadi desa ODF. Agar derajat kesehatan masyarakat meningkat dan mereka lebih produktif dalam bekerja,” kata Sri Hartini.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Kepohbaru, Kayat, mengingatkan kepada masyarakat untuk segera menuntaskan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB). Sebab bulan ini merupakan akhir jatuh tempo pelunsan.

“Uang pajak ini akan kembali lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan. Seperti jalan paving dan infrastruktur lainnya. Karena itu bagi masyarakat atau desa yang belum melunasi pajaknya agar segera dilunasi agar pembangunan tidak tersendat,” pesan Kayat.

Kasi Komunikasi dan Sosial Bidang Jaringan Komunikasi (Jarkom) Dinas Kominfo Bojonegoro, Cahyo Dwi Utomo, menjelaskan, Pertura ini merupakan salah satu sarana yang dimikili Dinkominfo untuk mensosialisasikan program-program yang sedang dilaksanakan Pemkab Bojonegro.

“Selain masyarakat bisa menikmati huburan, mereka juga mengetahui program-program yang sedang dilaksanakan sehingga bisa bersama-sama untuk mensukseskannya,” sambung Cahyo.

Setelah di Lapangan Desa Pejok, untuk selanjunya Pertura akan digelar di Bendung Gerak Desa Padangmori, Kecamatan Trucuk dalam rangka HUT RI ke 70 dan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 388, pada 20 September. Kemudian di Lapangan Desa Bakung, Kecamatan Kanor, dalam rangka TMMD pada pertengahan Oktober.(dwi/kominfo)