Pelayan Kesehatan Hewan Bojonegoro Raih Prestasi

-
01 Sep 2015
342 dilihat

bojonegorokab.go.id - Prestasi membanggakan kembali dipersembahkan oleh Tinarno salah satu PNS di Dinas Peternakan dan perikanan Pemkab Bojonegoro yang berhasil mewakili propinsi Jawa Timur maju ditingkat nasional pada ajang lomba petugas teknis berprestasi (paramedik veteriner ) pusat kesehatan hewan tingkat nasional. Seperti yang tampak pada hari ini, selasa (1/9) di puskeswan Kecamatan dander akan diadakan penilaian oleh dewan juri dari tingkat nasional.

Lomba optimalisasi petugas teknis paramedik veteriner merupakan salah satu upaya untuk memberikan motivasi SDM puskeswan dalam meningkatkan kapasitas kinerjanya dibidang pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat. Hal ini dlakukan mengacu pada program pemerintah national veterinary service, yang mana bahwa segala kegiatan pelayanan kesehatan hewan akan dipusatkan di puskeswan sehingga keberadaan puskeswan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan hewan harus didukung dengan SDM yang berkompeten dan berdaya saing guna mewujudkan suksesnya program.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun bagian humas , wilayah kerja puskeswan dander ini meliputi 47 desa di kecamatan dander, temayang, sukosewu dan bubulan. Dengan jumlah populasi ternak ditahun 2014 terdiri dari 18.940 sapi potong, 388 kerbau, 21.164 kambing, 21.886 domba dan 329.394'unggas.

Bentuk pelayanan puskeswan dander terbagi dalam tiga hal yakni pelayanan aktif yaitu pelayanan yang langsung datang kepada peternak, kedua pelayanan semi aktif dengan penanganan dilakukan setelah ada laporan dari peternak,  dan yang ketiga adalah peternak atau warga mendatangi langsung petugas dipuskeswan untuk konsultasi dan pemeriksaan kesehatan. Adapun jenis pelayanan yang tersedia adalah vaksinasi Avian influensa (AI) & disinfektan. Pelayanan kesehatan hewan terpadu gratis dan surveillans kesehatan hewan ( pengambilan dan pemeriksaan sampel), penyuluhan, pelayanan inseminasi buatan dan manajemen pemeliharaan serta teknis produksi dan kewirausahaan. (hms)