Rayakan HUT ke-70, PMI Gelontor Bantuan

-
17 Sep 2015
285 dilihat

bojonegorokab.go.id – Perayaan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke 70 di Kabupaten Bojonegoro berlangsung meriah, Kamis (17/9/2015). Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk merayakan kegiatan tahunan tersebut.

Di antaranya, apel yang melibatkan ratusan pelajar yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) di depan markas PMI Jalan Trunojoyo. Kemudian penyerhaan bantuan secara simbolis kepada perwakilan disabilitas, HIV/AIDS melalui Aliansi Pita Merah Bojonegoro dan penderita kusta yang diberikan kepada Dinas Kesehatan.

Juga bantuan untuk manusia lanjut usia (Manula), anak jalanan dan pendistribusian air bersih ke Kecamatan Malo, bekerja sama dengan Persatuan Dharma Wanita Kabupaten Bojonegoro.

Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Herry Sudjarwo membacakan sambutan Ketua Umum PMI pusat, Jusuf Kalla,yang berisi salam kemanusian mengatakn,  tujuh puluh tahun sudah palang merah Indonesia (PMI) mengabdikan dirinya kepada masyarakat di tanah air. Angka 70 tahun merupakan usia yang matang bagi PMI dalam menghadapi berbagai peristiwa, mulai dari bencana, konflik sampai masalah sosial di Indonesia.

Masih Herry, berbagai kegiatan kemanusiaan dilakukan PMI untuk meringankan penderitaan masyarakat baik dalam merespon bencana maupun upaya-upaya pengurangan resiko bencana, serta pemberdayaan masyarakat, diantaranya melalui upaya meningkatkan penyediaan stok darah, mendorong kegiatan terpadu dengan melibatkan masyarakat mengurangi resiko bencana, melakukan gerakan kebersihan lingkungan.

Sebagai organisasi kemanusian yang ada di bumi nusantara, lanjut dia, PMI lahir hanya selisih satu bulan setelah kemerdekaan republik Indonesia. Oleh karena itu semangat kemerdekaan senantiasa mewarnai semangat pelayanan kemanusiaan PMI kepada masyarakat yang tentunya akan terus berkembang sesuai dengan kapasitas PMI dan kebutuhan kekinian.

Masih dalam sambutannya, Harry menegaskan, PMI terus berupaya meningkatkan sumberdaya baik dari segi kemanusiaan dengan pengembangan kapasitas personil melalui pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi kerja personil, maupun dari segi keorganisasian dengan melakukan pengembangan sistem manajerial, pengaturan serana dan prasarana.

“PMI terus perbaikan mekanisme kerja dan menggalang jejaring kerja di dalam dan luar negeri demi meningkatkan profesionalitas dan kualitas pelayanan dalam menjawab berbagai tantangan ke depan,” ucapnya.

“Saat ini keberadaan PMI mulai dapat dirasakan dan dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat. Kiprah PMI di mata Internasional dan mitra gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasinal pun mulai diakui. Sampai akhir, tertanda Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla,” pungkas Herry.

Ketua panitia HUT PMI ke 70, M. Yazid menungkapkan, tujuan diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan pelayanan PMI Kabupaten Bojonegoro dan melaksanakan visi-misi PMI. Supaya PMI dikenal dan dicintai masyarakat.

"Agar pelayanan di PMI lebih baik lagi dan mampu menjalankan serta melaksanakan prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit internasional," pungkasnya.(dwi/kominfo)