Momen HSN 2021, Bupati Bojonegoro Beri Penghargaan kepada Tujuh Santri Berprestasi

Afifah
22 Oct 2021
1.758 dilihat

Bojonegorokab.go.id- Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memberikan penghargaan kepada tujuh santri berprestasi. Penghargaan diberikan saat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021, di Pendopo Pemkab, Jumat (22/10/2021).

Penghargaan ini merupakan apresiasi Pemkab Bojonegoro atas kontribusi santri dalam membangun sumber daya manusia yang unggul prestasi dan luhur budi.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa Pemerintah telah menetapkan Tema Hari Santri Nasional 2021 yaitu "SANTRI SIAGA JIWA RAGA". Tema ini bukan tanpa pertimbangan yang matang. Pengertian Santri Siaga Jiwa dan Raga adalah dalam kaitannya dengan membela tanah air dan mempertahankan persatuan negara tercinta, Negara Indonesia.

Melalui peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini, Bupati Anna mengajak para santri ber-Siaga Jiwa, menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.Dengan demikian santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi, yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Tetaplah juga ber-Siaga Raga, yang berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu penerima penghargaan Mohammad Irsyad Nahari dari Desa Bulu Kecamatan Sugihwaras, yang merupakan utusan dari pondok pesantren Al-Charish Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander mengatakan sangat senang dengan apresiasi yang diberikan oleh Pemkab Bojonegoro.

“Semoga akan menjadi penyemangat dan motivasi saya untuk berprestasi lebih baik lagi,” ungkap Irsyad.

Hal senada juga dituturkan oleh santriwati Khilyatul Badi’ah  juara 1 lomba baca kitab kuning asal Desa Kedungdowo Kecamatan Balen utusan dari Pondok pesantren al-Charish Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander.

"Semoga apresiasi yang diberikan oleh Pemkab Bojonegoro akan terus berkelanjutan, guna memberi semangat kepada santriwan/santriwati ikut serta dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia khususnya di Kabupaten Bojonegoro," terangnya.(fif/nn)

Adapun nama pemenang lomba dalam rangka hari santri antara lain :

1.    Juara I lomba Video Inovasi Pesantren yaitu KH. ALAMUL HUDA, MA dari PP. Ar- Rosyid Kecamatan Dander 
2.  Juara 1 lomba Baca Kitab Kuning (PA) yaitu Mohammad Irsyad Nahari dari PP Al- Charish Kecamatan Dander 
3.  Juara 1 lomba Baca Kitab Kuning (PI) yaitu Khiyatul Badi’ah dari PP Al- Charish Kecamatan Dander 
4.  Juara 1 lomba DA’I tingkat MDT yaitu Laili Qiro’atun Nasihah dari MDT ABU DZARIN NABIN BANAT DANDER
5.  Juara 1 lomba Pildacil Tingkat TPQ (LPQ) yaitu Salsabila Eka Putri Manggaraini dari TPQ NURUL ULUM Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro
6.  Juara 1 lomba Tartil Tingkat TPQ (LPQ) yaitu Nayfa Syafa Fitria Romli dari TPQ AT-TAQWA Desa Banjarejo Bojonegoro
7.  Juara 1 lomba Hafalan Surat Pendek Tingkat PAUD QU yaitu Florista Khanza Safira dari RA Desa Karangdowo Kecamatan Sumberrejo