PMI dan DMI Bojonegoro Bersinergi Terlibat Aksi Kemanusiaan

Afifah
11 Jan 2022
70 dilihat

Bojonegorokab.go.id - Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bojonegoro bersinergi dalam membantu kemanusiaan. Hal itu ditandai dengan penandatangan perjanjian kerjasama (MoU) di kantor UDD PMI Jalan Sawunggaling, Kec. Bojonegoro, Senin (10/1/2022).

Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro Ahmad Hernowo mengucapkan terima kasih atas kebersamaan PMI dan DMI dalam bidang kemanusiaan. Apalagi ketua PMI dan DMI pusat, sama-sama Bapak Jusuf Kalla. MoU ini menjadi atensi pusat untuk dilaksanakan di masing-masing daerah.

"PMI dan DMI bersinergi peduli kemanusiaan, baik kebencanaan, pertolongan, maupun donor darah dan yang lainnya," terang Hernowo.

Sebenarnya kebersamaan masjid-masjid di Bojonegoro dengan PMI, lanjutnya sudah dilakukan dengan adanya donor darah di masjid-masjid. Namun melalui MoU ini nanti akan semakin menguatkan PMI dan DMI untuk membantu masyarakat.

"Harapannya setiap ada kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) maupun acara di masjid-masjid, PMI selalu ada dan dilibatkan," jelas dokter yang juga Direktur RSUD Sososodoro Djatikoesoemo Bojonegoro itu.

Sementara itu, ketua DMI Kabupaten Bojonegoro Hanafi menyambut positif kerjasama dibidang kemanusiaan ini. Sehingga tugas DMI untuk memakmurkan masjid bisa tercipta melalui kesehatan maupun donor darah atau yang lainnya.

"Sekaligus bisa menunjang program pemerintah, Bojonegoro produktif dan energik, dengan adanya sinergi DMI dan PMI ini," ungkapnya.

Lanjut Hanafi, setelah MoU ini nanti DMI Kabupaten Bojonegoro akan segera mensosialisasikan dan menginformasikan kepada pengurus DMI di kecamatan-kecamatan. Supaya menindaklanjuti dengan menyampaikan kepada masjid-masjid di masing-masing kecamatan.

"Setelah ini akan mensosialisasikan ke bawah, melalui kecamatan dan menjadi atensi masjid-masjid. Harapannya DMI memakmurkan masjid bisa tercapai dengan adanya keterlibatan PMI," pungkas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro. 

Kegiatan penandatanganan MoU berlangsung sederhana dan khidmat. Dihadiri oleh Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Hernowo beserta pengurus PMI Kabupaten Bojonegoro. Serta ketua DMI Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, didampingi jajaran pengurus.(lz/Aya)