Punya 32 Desa Wisata, Bojonegoro Peringkat Pertama se-Jawa Timur  

Afifah
08 Mar 2022
814 dilihat

Bojonegorokab.go.id - Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi besar di bidang pariwisata, terutama wisata desa. Sebanyak 32 desa berstatus desa wisata. Jumlah ini tertinggi se- Jawa Timur. 

Data itu sesuai rilis Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Provinsi Jawa Timur. Tercatat di aplikasi besutan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Kabupaten Bojonegoro ranking satu tertinggi di Jawa Timur, yakni 32 desa wisata. 

Diikuti peringkat dua, Kabupaten Ponorogo dengan mencatat 19 Desa Wisata, lalu peringkat tiga Kabupaten Kediri mencatat 17 Desa Wisata, selanjutnya Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Trenggalek berada di peringkat 4 dengan mencatat 10 Desa Wisata. Sedang peringkat 5 diraih Kabupaten Tulungagung, Blitar, Madiun dan Magetan masing-masing mempunyai 9 Desa Wisata.

"Selamat untuk Kabupaten Bojonegoro sebagai ranking satu di Jawa Timur mencatat terbanyak dan masuk di aplikasi Desa Wisata Nusantara. Kami akan replikasi ke Kabupaten lainnya," ungkap Miftahul Munir, Tenaga Ahli Pendamping Masyarakat Provinsi Jawa Timur.

Hal senada diungkapkan oleh PIC (Person In Charge) Bumdesa Kabupaten Bojonegoro, Wanut Susisno. Dia menjelaskan bahwa jumlah 32 Desa Wisata tersebut bisa jadi akan terus bertambah. Hal tersebut berkat kerja tim PD (Pendamping Desa) serta PLD (Pendamping Lokal Desa) se-Bojonegoro dalam mendampingi desa. 

Wanut Susisno optimis bahwa Kabupaten Bojonegoro akan meraih ranking satu dengan jumlah Desa Wisata terbanyak secara Nasional. Optimistisme tersebut bukanlah hal semu karena selama ini dan biasanya Jawa Timur menjadi barometer Nasional.

"Tim Pendamping Bojonegoro solid dan bekerja keras, kita optimis akan meraih catatan Desa Wisata terbanyak secara nasional," ungkap Wanut Susisno Tenaga Ahli  Pendamping Masyarakat (TAPM) Kabupaten Bojonegoro.

Koordinator Pendamping Profesional menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada PD dan PLD yang bekerja keras dan mendampingi Desa tanpa lelah. Selain itu juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari TAPM Provinsi Jawa Timur.

"Terima kasih sahabat-sahabat PD dan PLD Bojonegoro dan terkhusus ucapan terima kasih atas apresiasi dari Provinsi," ujar Mustakim koordinator Pendamping Bojonegoro.(NN)