Semarak Gerak Jalan Siswa SD/MI Sejauh 8 Km di Bojonegoro, Tumbuhkan Cinta Tanah Air

Afifah
13 Aug 2022
415 dilihat

Semarak Gerak Jalan Siswa SD/MI Sejauh 8 Km di Bojonegoro, Tumbuhkan Cinta Tanah Air

Bojonegorokab.go.id - Derap langkah gerak jalan 131 regu siswa SD/MI menyemarakkan rangkaian HUT kemerdekaan ke-77 RI di Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (13/8/2022). Berjalan sejauh 8 km, kegiatan ini diharapkan dapat membangun kecintaan terhadap tanah air Indonesia. 

Rute gerak jalan ini mulai dari Jl. Mas Tumapel, Jl. Imam Bonjol, Jl. Mastrip, Jl. MH Thamrin. Berlanjut ke Jl. Panglima Sudirman, Jl. Teuku Umar, Jl. WR Supratman, Jl. Hayam Wuruk, dan Jl. Imam Bonjol. Finish Gerak Jalan 8 km kembali ke titik awal di Jl. Mas Tumapel. 

Panitia penyelenggara adalah sinergitas antara Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) dan Dinas Pendidikan. 

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Fatur Rokhim dalam laporannya mengatakan, kegiatan bertujuan untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan antar siswa. Selain itu juga menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air dan memperingati HUT RI. 

"Peserta sebanyak 131 regu siswa-siswi SD/MI. Dengan rincian 59 regu putra, dan 72 regu putri," jelasnya. 

Pemenang akan diambil juara 1,2 dan 3 untuk regu putra. Juara 1,2 dan 3 untuk regu putri. Serta Juara Harapan 1, 2 dan 3 untuk regu putra dan putri. 

Partisipasi gerak jalan dari tujuh kecamatan di antaranya Kecamatan Bojonegoro, Kalitidu, Dander, Kapas, Trucuk, Temayang, dan Malo.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur mengucapkan ras syukur setelah dua tahun akhirnya bisa menyemarakkan peringatan HUT RI. 

"Tentu ini adalah aktifitas yang selalu diharapkan Bapak/Ibu serta anak-anak sebagai ajang penyampaian kreatifitas dan menumbuhkan kecintaan negara kita dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77," ujarnya. 

Acara akan berjalan lancar tentunya karena ada koordinasi, sinergisitas dan kolaborasi. Kusnandaka juga mengucapkan terima kasih kepala para guru, kepala sekolah dan peserta yang turut berpartisipasi.

"Semoga kegiatan ini betul-betul menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap tanah air. Kepada anak-anakku, jaga keselamatan dan selalu gembira," imbuhnya. 

Selanjutnya perwakilan Kodim, Polres, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinpora, dan Koni bergilir memberangkatkan masing-masing regu gerak jalan. [cs/]