On Air di Malowopati FM, Bupati Anna Informasikan Capaian Pembangunan Bojonegoro 

Admin
23 Jan 2023
40 dilihat

On Air di Malowopati FM, Bupati Anna Informasikan Capaian Pembangunan Bojonegoro 

Bojonegorokab.go.id - Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah kembali menyapa warga pendengar Radio Malowopati FM, Minggu (22/1/2022). Bertepatan dengan Tahun Baru Imlek, Bupati Anna menginformasikan capaian pembangunan. Mulai revitalisasi makam, keberadaan Thamrin Park, Wisata Religi di Margomulyo, hingga wacana pembangunan stadion mini di empat (4) kecamatan dan pengembangan wilayah baru untuk Car Free Day. 

Terkait Thamrin Park, yakni taman-taman sepanjang Jl MH Thamrin, Bupati Anna mengaku tidak menyangka antusias masyarakat cukup tinggi. Dampaknya, sektor ekonomi dan budaya bertumbuh di kawasan tersebut. Misalnya keberadaan pedagang hingga seniman lokal akustik yang menyemarakkan kawasan Thamrin Park. Pada Sabtu (21/1/2023) malam, Bupati juga mengecek apa saja fasilitas yang kurang dan perlu dibenahi di Thamrin Park. 

“Ini akhirnya pola hidup masyarakat ada pergeseran. Happy, santai, tapi serius dan menghasilkan. Itu sepertinya ada pola hidup baru dan mereka sangat produktif dalam me-manage (mengelola) waktu dan bagaimana menerjemahkan hobi dan menjadikan hobi yang menghasilkan pemasukan,” ujar Bupati Anna saat on air di Radio Malowopati FM.

Kini, di Thamrin Park, pengunjung tidak hanya warga dari perkotaan, tapi juga dari beberapa kecamatan. Fakta tersebutlah yang menginspirasi Bupati selaku pembuat kebijakan, di 2023 merencanakan pembuatan beberapa taman wisata termasuk mini stadion agar pembangunan kawasan merata dan tidak semuanya tumpah ruah ke perkotaan. 

“Empat kecamatan yang rencananya akan dibangun mini stadion di antaranya Kecamatan Sumberrejo, Kedungadem,  Kanor, dan Tambakrejo. Karena kenyataannya jika ada stadion mini, ada masyarakat olahraga dan berkumpul, lalu ada pedagang. Ini mematik IKM,” pungkas Bupati antusias.    

Sementara terkait Car Free Day (CFD), Bupati sempat berdiskusi dengan dinas terkait untuk pengembangan kawasan atau wilayah baru. Sebab, menurut pantauan Bupati dan beberapa pihak terkait, masyarakat semakin antusias dan kesadaran masyarakat akan olahraga semakin tinggi. Pihaknya sedang mengkaji keamanan dan kenyamanan untuk keberadaan CFD barangkali diperluas atau di tempat yang sesuai. “Kita akan buat kebijakan baru. Sedang kita matangkan tidak lama lagi,” imbuhnya.

Penyiar Malowopati FM Nasruli juga senantiasa mengulas kegiatan Redaksi Dinas Kominfo. Beberapa di antaranya revitalisasi makam dan pembangunan wisata religi di Margomulyo yang sudah rilis beberapa waktu lalu. 

Bupati Anna menanggapi, bahwa baru-baru ini Pemkab juga sedang merevitalisasi beberapa makam. Seperti Makam Raden Bagus Lancing Kusumo yang berada di Kecamatan Bubulan. 

Selain itu, adanya Wisata Religi di Kecamatan Margomulyo juga sebagai wisata ikonik di Bojonegoro. Hal ini menanggapi beberapa pesan masuk melalui WhatsApp Radio Malowopati di nomor 08113322958. 

Bupati Anna menjelaskan pembangunan lokasi masjid di wilayah barat karena di situlah pintu masuk Bojonegoro jika dilihat dari Tol Surabaya - Jakarta atau sebaliknya. Tentu orang akan keluar tol dan langsung bertemu wisata religi. Pemkab Bojonegoro, lanjutnya, dalam menempatkan Wisata Religi di sana, sekaligus untuk pemantik wisata lokal dan mendorong sektor ekonomi. Sebab, di wilayah Kecamatan Margomulyo banyak sektor kerajinan masyarakat yang berbasis home industri dan banyak peminatnya. Misal tumbler dan kerajinan dari kayu jati lainnya.

“Selamat berakhir pekan, selamat Hari Minggu dan kumpul keluarga, karena kekuatan rasional berangkat dari keluarga,” pesan Bupati Anna saat closing statement pada acara Rakyat Bertanya Bupati Menjawab dalam tajuk ‘Ngobrol Santai tapi Tetap Serius’. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro serta dapat disaksikan ulang melalui kanal Youtube Malowopati radio. (*/NN)