Waspada, Air Bengawan Solo Naik...

-
08 Feb 2016
21 seen

bojonegorokab.go.id - Air Sungai Bengawan Solo mengalami tren kenaikan. Mulai hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro bakal memberlakukan siaga banjir.

"Siaga banjir Bengawan Solo mulai diberlakukan hari ini (Senin 08/02), karena ketinggian air sudah mencapai 13,30 meter pada pukul 06.00 WIB,” ungkap Sukirno, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro.

Meski begitu, pihaknya belum menggelar posko banjir yang melibatkan berbagai instansi pemerintah lainnya. "Kami baru akan menggelar posko jika ketinggian air Bengawan Solo meningkat menjadi 14,00 atau lebih," jelas Sukirno.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran Bengawan Solo untuk terus waspada. Mengingat tren kenaikan air Bengawan Solo terus meningkat. BPBD Bojonegoro juga merealese bahwa daerah yang rawan dilanda banjir Bengawan Solo, tercatat sebanyak 146 desa yang tersebar di 16 kecamatan, antara lain, Kecamatan Kalitidu, Trucuk, Dander, Kota dan Kanor.

Sementara itu menurut data ketinggian air Bengaan Solo di Unit Pelaksana Teknis Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, ketinggian air Bengawan Solo masih terus naik. Pada pukul 09.00 WIB kondisi TMA Bengawan Solo mengalami kenaikan Karang Nongko 27.84 dan Bojonegoro 13.60. (Git/Kominfo)